You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Wandi yang dalam kondisi lemas dan menggigil sempat dibawa ke puskesmas dan kemudian dirujuk ke RSUD
Malang benar nasib Suwandi (12). Bocah asal Cianjur yang sudah setahun tinggal di Jakarta tersebut, mengalami sakit karena dipaksa mengamen. .
photo doc - Beritajakarta.id

Bocah Dipaksa Jadi Pengamen Hingga Sakit

Malang benar nasib Suwandi (12). Bocah asal Cianjur yang sudah setahun tinggal di Jakarta tersebut, mengalami sakit karena dipaksa mengamen. Wandi yang dalam kondisi lemas dan menggigil sempat dibawa ke puskesmas dan kemudian dirujuk ke RSUD Koja, Jakarta Utara.

Tinggalnya di kolong jembatan, sehari-harinya disuruh ngamen

Wandi ditemukan oleh Zainudin, Ketua RT 02/04 di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (29/6) dalam kondisi lemas dan menggigil. Zainudin pun kemudian membawa Wandi ke puskesmas terdekat. Namun, karena kondisinya tidak berubah ia sempat dirawat tiga hari, sejak Senin (30/6) di Rumah Sakit Koja, karena penyakit tipus.

Oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jakarta Utara yang menolongnya, Wandi yang mulai pulih diantar ke Polres Jakarta Utara, untuk mencari orangtuanya. Menurut cerita Wandi, ia kabur dari rumahnya di Cianjur, Jawa Barat lantaran ingin mencari Ayah Tirinya, Tarmo (37) yang bekerja sebagai kuli panggul di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun, saat di Terminal Kampung Rambutan ia berkenalan dengan seorang pria dan dipaksa menjadi pengamen dengan berkeliling kawasan Kalimalang.

Tanpa Ibu, Afrizal Menggelandang di Jakarta

“Tinggalnya di kolong jembatan, sehari-harinya disuruh ngamen,” jelas Wandi, Jumat (4/7).

Wandi mengaku hanya diberikan makan oleh pria tersebut. Ia juga mengaku sempat tertangkap oleh Satpol PP saat mengamen di Kalimalang dan dititipkan di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 6 di Cengkareng, Jakarta Barat. Namun, karena bersikeras ingin mencari ayah tirinya, Wandi pun kabur.

Setelah dua bulan kabur, ia pun kembali menjadi pengamen hingga akhirnya ia ditemukan di Pasar Ikan dalam kondisi sakit. Rencananya, LPA Jakarta Utara bekerjasama dengan Polres Jakarta Utara akan mencari Tarmo, ayah tirinya yang bekerja sebagai kuli panggul di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Hari ini baru kami bawa Wandi ke Polres, karena kemarin Wandi baru keluar dari rumah sakit,” jelas Rika Sutiyo, dari LPA Jakarta Utara.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1112 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye997 personAldi Geri Lumban Tobing